BEI Ubah Ketentuan Kriteria Evaluasi Indeks IDX30, LQ45, dan IDX80

Oleh Issa Almawadi - korporat.com
28 Maret 2024 07:29 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com)

KORPORAT.COM, Jakarta - Bursa Efek Indonesia menerapkan kriteria evaluasi terbaru untuk beberapa indeks saham unggulan. Di antaranya, IDX30, LQ45, dan IDX80.

Penerapan kriteria tersebut telah diumumkan melalui surat tertanda Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI, Pande Made Kusuma Ari A. dan Kepala Divisi Riset BEI, Verdi Ikhwan, Rabu (27/3/2024).

Dalam surat itu dijelaskan, BEI mengubah kriteria periode evaluasi untuk IDX30, LQ45, dan IDX80. Di sini, BEI melakukan evaluasi mayor dengan periode Januari, April, Juli, dan Oktober.

Ketentuan itu berubah dari periode evaluasi sebelumnya yakni Januari dan Juli.

Kemudian, BEI juga menyesuaikan periode efektif menjadi Februari, Mei, Agustus, dan November dari sebelumnya hanya Februari dan Agustus.

"Penyesuaian ini akan berlaku pada evaluasi mayor April 2024 dan efektif pada hari bursa pertama Mei 2024," bunyi surat itu.

Tiga Perusahaan Daftar IPO Saham, Tercatat di BEI Bulan Depan

Selain itu, BEI juga menetapkan universe untuk IDX80 menjadi lima kriteria dari sebelumnya hanya dua kriteria. Kriteria-kriteria baru tersebut antara lain;

a. Saham-saham konstituen IHSG yang sudah tercatat lebih dari 6 bulan;

b. 150 saham berdasarkan nilai transaksi di pasar reguler tertinggi selama 12 bulan terakhir;

c. Tidak pernah disuspensi dan selalu ditransaksikan setiap hari dalam 6 bulan terakhir;

d. Memenuhi batasan minimum kapitalisasi pasar free float yang ditentukan oleh BEI; dan

e. Memiliki minimum rasio free float sebesar 10%

Selain IPO Saham, Pencatatan Obligasi dan Sukuk di BEI juga Sepi

Sebelum kriteria baru tersebut, kriteria universe IDX80 hanya saham-saham konstituen IHSG yang sudah tercatat lebih dari 6 bulan dan 150 saham berdasarkan nilai transaksi di pasar reguler tertinggi selama 12 bulan terakhir.

Adapun penyesuaian ini akan berlaku pada evaluasi mayor April 2024 dan efektif pada hari bursa pertama Mei 2024. "Kecuali poin e yang akan berlaku pada evaluasi mayor Oktober 2024 dan efektif pada hari bursa pertama November 2024," kata surat itu.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//