Harus Siap Fisik, Timnas Matangkan Formasi dan Taktik

Oleh Muhammad Yazid - korporat.com
03 Januari 2024 17:21 WIB
Ilustrasi. (Dokumen Fakta.com/Putut Pramudiko)

KORPORAT.COM, Jakarta - Perhelatan Piala Asia 2023 di Qatar akan berlangsung sembilan hari ke depan. Sebagai salah satu dari 24 tim peserta, tim nasional terus mencoba berbagai taktik serta mengasah kondisi fisik pemain.

Dalam petandingan persahabatan pertama melawan Libya pada Selasa (2/1/2024) kemarin, Justin Hubner dan kawan-kawan kalah telak empat gol tanpa balas. Namun demikian, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tak mempersoalkan hasil laga dari anak asuhannnya tersebut.

Siap Berlaga di Qatar, Timnas Tak Boleh Gentar

"Saya tidak melihat hasil akhir, namun lebih kepada mengecek kondisi pemain. Sebab, sejak training centre (pemusatan latihan) di Turki kami terus menggenjot fisik pemain," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resmi di laman PSSI, Rabu (3/1/2023)

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor 0-4. Laga uji coba tersebut digelar di Mardan Sports Complex Antalya, Turki.

Uji taktik

Shin Tae-yong nyaris mencoba semua pemainnya untuk mencicipi pertandingan kontra Libya. Hal tersebut bertujuan untuk melihat kondisi fisik pemain sekalius menguji formasi dan taktik baru.

Pelatih asal korea tersebut juga banyak melakukan eksperimen. Di antaranya, langsung memainkan Justin Hubner yang baru saja bergabung di pemusatan latihan, serta Witan Sulaeman yang ditempatkan sebagai full back kanan.

Justin Hubner Siap Bela Timnas di Piala Asia Qatar 2023

Justin mengatakan, "Laga ini sungguh sulit karena sistem baru untuk saya, formasi baru untuk saya. Jadi, benar-benar laga yang sulit untuk dimainkan, namun saya tetap senang."

Menurut Shin Tae-yong, kekalahan pertandingan empat gol tanpa balas tentu membuat kecewa para pendukung tim Garuda. "Tapi, percayalah tim terus mengalami perkembangan yang positif," jelas dia.

Ia menjelaskan, mencoba hampir seluruh pemain yang ada di tim nasional juga bertujuan untuk pematangan strategi dan penyesuaian formasi tim. Shin Tae-yong bilang, "Uji coba ini untuk mempertajam taktik permainan tim, dengan penyesuaian pada kondisi fisik pemain."

Ke depan, ia optimistis timnas akan lebih siap untuk memenangkan pertandingan. Di mana, target Indonesia dalam perhelatan Piala Asia 2023 ialah lolos dari fase grup.

Tiket Piala Asia 2023 Qatar, Harga Mulai Rp100 Ribuan

Tim Garuda berada di grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang. Tiga tim juga tengah melakukan sejumlah persiapan, misalnya Jepang yang mampu mengandaskan Thailand dengan skor 5-0 pada Selasa kemarin.

Pada Jumat (5/1/2024) depan, timnas Indonesia akan kembali bertanding melawan Libya. Pertandingan ulangan ini akan dijalani lebih serius ketimbang sebelumnya, sebab akan masuk hitungan poin.

Andai nantinya Witan Sulaeman dan kawan-kawan menang atas Libya, Indonesia bakal mendapatkan tambahan 2,93 poin. Jika imbang atau kalah, timnas meraup 0,43 poin atau kehilangan 2,07 poin.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//