Potret Bulu Tangkis, Prestasi yang Lagi Mengempis

Oleh Muhammad Yazid - korporat.com
04 Januari 2024 21:27 WIB
Ilustrasi. (Putut Pramudiko/Fakta.com)

KORPORAT.COM, Jakarta - Kekuatan tim bulu tangkis Indonesia belakangan ini tampaknya sedang mengalami masa surut. Bahkan, setahun belakangan prestasi olahraga kebanggaan di Tanah Air tersebut tengah mengempis.

Contohnya saja, prestasi di ajang Asian Games 2022 Hangzhou, Tiongkok. Para pebulu tangkis Indonesia harus gigit jari lantaran dari tujuh nomor yang digelar, tak satu pun medali yang mampu disumbangkan bagi tim merah putih.

Jawara Bulu Tangkis Indonesia Terus Berguguran di Ajang Asian Games

Padahal, selama ini bulu tangkis merupakan cabang olahraga andalan yang selalu jadi lumbung medali. Pada dua ajang Asian Games sebelumnya, Indonesia juga berhasil mengoleksi dua medali emas dari dua nomor. 

Selanjutnya, pada ajang World Tour Finals 2023 yang digelar pada Desember tahun lalu, para pebulu tangkis nasional juga gagal meraih gelar juara dari seluruh nomor yang dipertandingkan. Prestasi paling tinggi berupa pencapaian ke babak semifinal.

Olimpiade dan Malaysia Open

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky mengatakan, "World Tour Finals adalah ujian akhir tahun 2023, kami belum berhasil karena hanya dua sektor yang mencapai semifinal, ditargetkan final ternyata belum mampu belum tercapai."

Ia berharap, prestasi bulu tangkis Indonesia akan kembali membaik pada 2024. Di mana, ajang yang paling bergensi yakni Olimpiade 2024 di Paris, Perancis.

"Perlu kerjasama tim dari bebagai pihak untuk mendukung target yaitu meraih medali di Olimpiade 2024 di Paris," kata Rionny sekaligus mengevaluasi penampilan tim bulu tangkis nasional medio Desember lalu.

Selain itu, perhelatan bergengsi bulu tangkis yang terdekat yakni, Malaysia Open 2024. Kompetisi yang akan digelar pada 9-14 Januari mendatang ini menyediakan hadiah total senilai US$1,3 juta.

Di nomor tunggal putra, para pemain yang akan turun ialah Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo. Sedangkan di kelas tunggal putri akan bertarung Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani.

Selain itu, terdapat juga empat pasang pebulu tangkis nasional yang akan tampil di nomor ganda putra. Masing-masing yaitu, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, M Shohibul Fikri/Bagas Maulana, Leo R Carnando/Daniel Martin, serta Fajar Alfian/M Rian Ardianto.

Menanti Sumbangan Medali dari Bulu Tangkis

Lanny T Mayasari/Ribka Sugiarto dan Apriayani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti juga akan tampil di nomor ganda putri. Terakhir, tiga pasang ganda campuran yang siap berjuang untuk tim merah putih adalah, Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, serta Dejan Ferdiansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Bagikan:

Data

Komentar (0)

Login to comment on this news

Updates

Popular

Place your ads here
Data
Pointer
Interaktif
Program
Jobs
//